Terwujudnya Kabupaten Bengkalis Sebagai Model Negeri Maju dan Makmur di Indonesia
me

SEPTIAN NUGRAHA

Anggota

Data Personal


Tempat/Tgl Lahir :
Muara Basung, 04-09-1996
Agama :
ISLAM
Jenis Kelamin :
L
Status Perkawinan :
BELUM KAWIN

Keluarga


Nama Istri/Suami :
Jumlah Anak :
Anak

Fraksi & Daerah Pemilihan


Fraksi :
Fraksi Partai Golkar
Daerah Pemilihan :
MANDAU

Posisi di Komisi


Nama Komisi :
Komisi II
Jabatan :
Anggota

Posisi di Badan Kelengkapan


Nama Badan :
Badan Musyawarah (Anggota)

Jabatan di Badan Publik


Jabatan :

Jabatan di Komisi Publik


Jabatan :

Riwayat Pendidikan


1. SDN 07 kec. Pinggir (2008)
2. SMPN 1 Kec. Pinggir (2011)
3. SMAN 1 Kec. Pinggir (2014)

Riwayat Pekerjaan

1. Anggota DPRD Kab. Bengkalis (2019-2024)

Riwayat Organisasi

1. Wakil Ketua PP (Pemuda Pancasila) kab. Bengkalis (2018 s/d sekarang)

Biografi

Muda dan gagah. Dua kata yang melekat pada diri Septian Nugraha. Legislator dari Daerah Pemilihan Mandau ini merupakan anggota dewan milenial di DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Bengkalis masa jabatan 2019-2024. Milenial adalah mereka yang lahir di anatara tahun 1980-an hingga 2000-an, dan saat ini mereka sedang berada di usia pertengahan 20 tahun dan awal 30 tahun. Pada tahun 2020 separuh dari tenaga kerja di dunia akan diisi oleh generasi milenial. Generasi yang identik dengan kedekatan teknologi, terutama teknologi digital, komunikasi dan media massa.

Artinya, milenial akan banyak berpengaruh dan mengubah budaya dan nilai yang selama ini ada di dunia kerja, lingkungan sosial kemasyarakatan, maupun nilai-nilai politik. Tentunya pengaruh dan perubahan tersebut harus mengarah pada perbaikan dan kemajuan, menjadi milenial yang membangun, menjadi generasi penyembuh. Anak Sulung dari Bupati Bengkalis Amril Mukminin dan ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni tersebut menegaskan ia menjadi wakil rakyat di DPRD Kabupaten Bengkalis atas keinginan dari hati nuraninya dan murni semata mata memperjuangkan kepentingan masyarakat dan tidak lebih. “Niat ini datang dari hati kecil dan tidak ada desakan dari orang dekat, teman bahkan orang tua. Semua murni untuk memperjuangkan nasib masyarakat”, Ujar politisi Partai berlambang pohon beringin, Golkar.

“Perlu saya sampaikan, jika saya ingin dirumah bisa saja. Tidak kekurangan material, tetapi nurani tak bisa dibohongi. Jujur ingin berbuat untuk kepentingan masyarakat banyak”, Tuturnya . Walaupun tergolong masih muda, anggota DPRD Kabupaten Bengkalis yang satu ini mempunyai pandangan dan wawasan yang jauh lebih dewasa dan luas dari pada umurnya. Usia bukanlah menjadi tolak ukur untuk menjadi seorang pemimpin, selagi ada yang tua menunjuk ajar yang muda mau belajar, berbuat dengan keikhlasan serta amanah diperjuangkan. Anggota Dewan Milenial tersebut tidak hanya digandrungi pada komunitasnya, namun juga pada orang dewasa dan lanjut usia dikarenakan memiliki jiwa sosial tinggi pada warga yang tengah mengalami musibah dan kesusahan. Disamping itu, selaku wakil rakyat dari daerah pemilihan Mandau, sudah semestinya menyuarakan aspirasi konstituennya “Insyaallah saya siap bantu selagi bisa. Ini murni karena saya ingin berbuat lebih untuk masyarakat yang memang membutuhkan bantuan ”.

Pria yang lahir di Muara Basung, 04 September 1996 ini juga peduli terhadap ekonomi masyarakat di Bengkalis khususnya di daerah pemilihannya. salah satu strategi peningkatan ekonomi masyarakat desa yang cukup efektif dan sangat membantu para pelaku UKM untuk mengenalkan produk serta meingkatkan penjualan yaitu dengan kegiatan-kegiatan bazar. Menurut beliau bazar selain bisa meningkatkan rasa saling peduli diantara masyarkat, Bazar juga mampu menjadi media promosi populer untuk menampilkan potensi rumah tangga yang selama ini terpendam menjadi konten bisnis kreatif dan inovatif.

Walaupun bisa dibilang kegiatan bazar waktunya relatif singkat, namun kata Septian jika dioptimalkan dengan baik maka bisa diperoleh konsumen- konsumen yang cukup berpotensi menjadi pelanggan tetap bisa diperoleh, bahkan dengan mengikuti bazar, tidak menutup kemungkinan pelaku usaha kecil menengah di masyarakat bisa memperluas jaringan pemasaran dan meningkatkan taraf ekonominya. Ia juga berharap pemerintah daerah bisa memberikan Support serta bantuan agar strategi meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dapat terlaksana. Dalam kesempatan yang lain beliau mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi pekerjaan proyek pembangunan yang ada dilingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

Menurutnya, ini harus dilakukan, agar proyek pembangunan tersebut betul- betul dikerjakan dengan sebaik-baiknya sehingga bermanfaat bagi masyarakat banyak. “Jadi Bapak/Ibu, kalau ada proyek pekerjaan di tempat kita, seperti pembangunan jalan, drainase dan lainnya tolong diawasi. Pekerjaan itu sudah betul apa tidak?”, ajak anggota Komisi II DPRD Bengkalis ini. Menjawab aspirasi dari masyarakat, Politisi muda partai Golkar Septian, mengatakan terkait pembangunan jalan atau parit, jika ditemukan tidak sesuai dilapangan boleh langsung tegur pekerjanya, karena yang dikerjakan itu untuk kepentingan bersama. ***