Terwujudnya Kabupaten Bengkalis Sebagai Model Negeri Maju dan Makmur di Indonesia
me

SYAFRONI UNTUNG, SH

Anggota

Data Personal


Tempat/Tgl Lahir :
Duri, 26-04-1982
Agama :
ISLAM
Jenis Kelamin :
L
Status Perkawinan :
KAWIN

Keluarga


Nama Istri/Suami :
DEWI HARYANI, S.Km
Jumlah Anak :
2 Anak

Fraksi & Daerah Pemilihan


Fraksi :
Fraksi Partai Golkar
Daerah Pemilihan :
MANDAU

Posisi di Komisi


Nama Komisi :
Komisi I
Jabatan :
Anggota

Posisi di Badan Kelengkapan


Nama Badan :
Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Anggota)

Jabatan di Badan Publik


Jabatan :

Jabatan di Komisi Publik


Jabatan :

Riwayat Pendidikan


1. SDN 19 Air Jamban (1989 - 1995)
2. SLTPN Mandau (1995 - 1998)
3.  SMK Taruna Pekanbaru (1998 - 2006)
4. Universitas Janabara Yogyakarta Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum (2002 - 2006)

Riwayat Pekerjaan

1. PT. Truba (2008 - 2010)
2. PT. Mustika Agung Sawit Sejahtera (MASS) Balai Raja- Pinggir (2010 - 2019)
3. Anggota DPRD Kab. Bengkalis (2019-2024)


Riwayat Organisasi

1. Sekretaris PK KNPI Kec. Mandau (2016 s/d sekarang)
2. Sekretaris MPC Pemuda Pancasila Kab. Bengkalis (2019 - s/d sekarang)


Biografi

Pemuda tempatan asli Mandau, Syafroni Untung merupakan anak dari pasangan Bapak Syafrin Lubis dan Ibu Aida. Menyelesaikan Pendidikan S1 Program Studi Hukum Universitas Janabadra Yogyakarta, menikah dengan Dewi Haryani, S.Km dan telah memiliki 2 (dua) orang anak. Beliau pernah bekerja sebagai HES di PT. Truba dan terakhir sebagai Humas PT. Mass Pinggir. Ia aktif berorganisasi salah satunya di PK Komite Nasional Pemuda Indonesia Kecamatan Mandau sebagai Sekretaris.

Pengalamannya sebagai Humas ingin ia jadikan modal untuk mengawal peraturan ketenagakerjaan yang berpihak kepada pemuda tempatan saat menempati kursi DPRD. Karena sebagai pemuda tempatan tentunya ia ingin mensejahteraan kampung halamannya tersebut. Dikatakannya saat dilantik menjadi anggota DPRD masa jabatan 2019-2024 bahwa hari tersebut merupakan pondasi awal untuk melakukan aksi nyata dengan penuh cinta untuk masyarakat Kabupaten Bengkalis.

“Syafroni adalah sosok yang dekat dengan keluarga, bertanggung jawab, berbakti kepada orang tua, berteman sama siapa saja, ceria, dan mudah bergaul”, berikut penuturan orang- orang terdekatnya, Ia juga dikenal sebagai visioner, memiliki jiwa kepedulian yang tinggi dan menjunjung sportiftas. Semangatnya sebagai anggota DPRD yaitu ingin memperkuat program pengentasan kemiskinan, memperkuat pengawasan program ekonomi kerakyatan, mengawal anggatan untuk berpihak pada rakyat, berjuang melahirkan peraturan yang berpihak kepada pemuda tempatan, Gencar menyerukan “Saatnya Berjuang Bersama Rakyat” dan “Salam Pembaharuan” sebagai tagline Syafroni Untung menjadikan “Ilmu Padi: Semakin Berisi, Semakin Merunduk” sebagai flosifnya. “Itulah seharusnya kita sebagai generasi mileneal lakukan, walaupun semangat kita luar biasa kita butuh bimbingan dan nasehat dari orang-orang tua kita. Dalam perjuangan ini walaupun saya hadir dari keterwakilan generasi milineal dan sebagai pemuda tempatan, perjuangan ini tidakan mudah dan berhasil kalau tanpa orang tua”, Tegasnya.

Menjadi Sekretaris MPC PP (Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila) Kabupaten Bengkalis Syafroni turut aktif di berbagai kegiatan didalamnya, salah satunya memberikan bantuan-bantuan kepada panti asuhan, atau bantuan-bantuan lainnya bersama pengurus MPC PP lainnya. Perjalanan sebagai anggota DPRD yang masih jauh dan masih memiliki banyak waktu, ia semakin memantapkan hati untuk memperjuangkan semua suku, semua agama, semua gender dan semua generasi, itulah hakikat Saatnya Berjuang Bersama Rakyat menurutnya.

Dengan tagline berjuang bersama rakyat ia memanfaatkan masa-masa menjemput aspirasi masyarakat dan bergandengan tangan dengan pemerintah daerah untuk melakukan pembaharuan demi pencapaian kemajuan daerah dan kesejahteraan serta kenyamanan masyarakat. “Hal tersebut bukan perkara mudah, butuh mindset positif, butuh energi yang menurutsertakan partisipasi masyarakat, semoga aspirasi dan pandangan masyarakat menjadi cambuk mengeluarkan kemampuan yang maksimal demi kemajuan daerah, kesejahteraan dan kenyamanan masyarakat”, Pungkasnya kemudian.

Jemput Aspirasi Masyarakat Mandau
Jemput aspirasi masyarakat di berbagai titik lokasi di Kecamatan Mandau, ada beberapa point penting yang selalu menjadi keluhan masyarakat. Pertama terkait administrasi kependudukan seperti KTP, KK dan Akte Kelahiran yang masih rumit, kedua peluang kerja bagi tenaga lokal yang sangat tipis, sementara perusahaan Migas dan lainnya masih tetap beroperasi di wilayah Kabupaten Bengkalis, namun faktanya banyak masyarakat tempatan yang tidak diterima bekerja di perusahaan tersebut meskipun sudah memiliki skill atau pengalaman. Kemudian terkait pentingnya makanan tambahan untuk balita atau ibu hamil guna mencegah terjadinya stunting yang tengah digalak-galakkan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis, terkhusus ketua TP PKK Bengkalis Kasmarni yang dalam setiap kegiatan mengkampanyekan tentang stunting atau kekerdilan pada pertumbuhan balita.

“Masyarakat kita mulai menyadari bahaya dan meruginya stunting ini jika dialami keluarga atau kerabatnya. Sehingga tak sedikit warga berharap pemerintah agar gencar mensosialisasikan hal ini ke masyarakat dalam setiap kegiatan”, Sebut Syafroni. Poin lain yang juga menjadi catatan baginya yaitu terkait kebersihan Kota Duri, masyarakat masih membudayakan buang sampah sembarangan hingga membuat banyak titik-titik pembuangan sampah sementara ilegal. “Hal ini sangat mengganggu pemandangan mata dan juga kesehatan bagi masyarakat yang melintas atau tinggal di daerah tersebut. Padahal pemerintah sudah banyak menyediakan bak penampungan sampah yang resmi. Jika memang masih kurang, ini nanti akan kita usulkan kembali ke OPD agar menambahkan bak sampah ini”, Katanya lagi.

Terakhir, pembangunan infrastruktur. Syafroni berupaya mewujudkan aspirasi masyarakat ini demi pencapaian kemajuan daerah dan kesejahteraan serta kenyamanan masyarakat, “Namun ini berproses, butuh sinergi yang baik dari semua pihak terkait” Tutupnya. ***