Terwujudnya Kabupaten Bengkalis Sebagai Model Negeri Maju dan Makmur di Indonesia
me

Drs. H. ARIANTO, MP

Anggota

Data Personal


Tempat/Tgl Lahir :
Bengkalis, 03-01-1960
Agama :
ISLAM
Jenis Kelamin :
L
Status Perkawinan :
KAWIN

Keluarga


Nama Istri/Suami :
Hj. INTAN KESUMA
Jumlah Anak :
4 Anak

Fraksi & Daerah Pemilihan


Fraksi :
Fraksi Partai Gerindra
Daerah Pemilihan :
BENGKALIS

Posisi di Komisi


Nama Komisi :
Komisi I
Jabatan :
Wakil Ketua

Posisi di Badan Kelengkapan


Nama Badan :
Badan Musyawarah (Anggota)

Jabatan di Badan Publik


Jabatan :

Jabatan di Komisi Publik


Jabatan :

Riwayat Pendidikan


1. SDN 04 Duri
2. SMPN 1 Duri
3. SMAN 1 Bengkalis
4. S1 Adm Negara UNRI
5. S2 Pemberdayaan IPB

Riwayat Pekerjaan

1.   Kabid Program Setda Kab. Bengkalis
2.   Kabag Program Setda Kab. Bengkalis
3.   Sekretaris Bappeda Kab. Bengkalis
4.   Asisten III Setda Kab. Bengkalis
5.   Kepala Dinas Sosial Kab. Bengkalis
6.   Kepala Dinas Pariwisata Kab. Bengkalis
7.   Asisten II Merangkap Plt. LPTQ Kabupaten Bengkalis 2019
8.   Kepala Dinas Pertanian Setda Kab. Bengkalis
9.   Plt. Kepala Dinas Pertanian Setda Kab. Bengkalis
10. Plt. Sekretaris Daerah Kab. Bengkalis
11. Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis (2019-2024)

Riwayat Organisasi

1. Kabid Prestasi KNPI Kab. Bengkalis
2. Pengurus Majelis Ulama Indonesia Kab. Bengkalis
3. Pelatih PSIB Kab. Bengkalis
4. Ketua Pengurus Masjid Jamik Bengkalis
5. Keua Pengurs Masjid Istiqomah Bengkalis

Biografi

Dari 45 anggota DPRD Bengkalis yang terpilih dari kalangan Birokrat pada Pileg lalu, Drs. H. Arianto menjadi salah satu yang dilantik menjadi anggota legislatif periode 2019-2024 dari Partai Gerindra Dapil I Kecamatan Bengkalis – Bantan. Perolehan 6 kursi Partai Gerindra pada Pileg 2019 lalu dengan hasil posisi ‘pemuncak’ adalah Drs. H.Arianto MP dari kalangan mantan Birokrat yang berhasil mengalahkan mantan Birokrat lainnya yang juga maju di Legislatif. Di mata masyarakat sosok yang akrab disapa ayah ini merupakan orang tua berjiwa muda dan suka memberikan motivasi kepada pemuda, berwibawa, humoris yang bersahaja.

Kenyang Pengalaman Posisi dan Jabatan Drs. H. Arianto M.P merupakan sosok yang sudah tidak asing lagi, ketika disebut namanya rasanya tak ada yang tak kenal beliau. Sebelum maju dalam Pileg kabupaten Bengkalis, H. Arianto sudah merasakan posisi penting di beberapa OPD Pemerintah Kabupaten Bengkalis, dan terakhir menjabat sebagai Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bengkalis kurang lebih dua tahun. Selain itu, jabatan yang pernah diembannya yaitu Sekretaris Bappeda, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Sosial, Asisten I Bidang Pemerintahan dan III bidang Administrasi Umum Bupati Bengkalis.

“Jabatan yang saya emban ini adalah amanah yang harus saya pertanggungjawabkan, tidak hanya kepada manusia tapi juga kepada Allah SWT. Atas tiap dukungan keluarga dan masyarakat yang telah memilih saya kemaren ketika menjadi wakil rakyat Insyaallah akan saya jalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya”, Ujarnya.

Segudang pengalaman menduduki posisi penting di lingkungan Pemkab sebelumnya tentu saja menjadi berkah yang luar biasa bagi ayah lima orang anak ini. “Disatu sisi saya bersyukur betul, bahwa masih banyak teman - teman yang mempercayai saya, sekarang karena posisi saya di legislatif, lalu bagaimana saya bisa membalas kepercayaan yang diberikan, tentu saja banyak hal yang bisa kita kerjakan, kita mempunyai gagasan idealisme yang bisa di perjuangkan melalui legislatif nanti, salah satunya memperjuangkan bagaimana pengelolaan anggaran tepat sasaran, berbasis kinerja untuk kepentingan rakyat,” ucapnya semangat.

Memiliki 4 (Empat) orang anak dari istri Hj. Intan Kesuma, “Ayah” dipercaya menjadi wakil ketua komisi I bidang Pemerintahan yang diketuai oleh Zuhandi, S.Pi. Selain itu, ia juga merupakan anggota dari Badan Musyawarah DPRD bersama 20 orang lainnya. Silaturrahmi Kunci Rezeki Duduknya ia menjadi anggota DPRD merupakan buah dari tekadnya untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Bengkalis, Ketua pengurus mesjid Istiqomah Bengkalis ini selama beberapa bulan menjadi anggota DPRD sejak dilantik pada November lalu terlihat aktif menghadiri berbagai acara, baik mewakili Ketua DPRD maupun atas nama pribadi.

“Alhamdulillah, saya diberi kesempatan menghadiri acara-acara secara pribadi sebagai Anggota DPRD maupun mewakili Ketua DPRD secara khusus atau mewakili lembaga legislatif secara umum. Hal yang pertama saya syukuri adalah saya dapat bertemu bersilaturrahmi dengan banyak orang, berdiskusi, bertukar fkiran, yang pastinya tidak bisa semua orang mendapat kesempatan ini,” ujarnya. Pria yang terkenal ‘pemurah‘ ini juga menambahkan, rejeki itu banyak pintunya, bukan hanya uang, kesehatan, teman, dan waktu juga merupakan rezeki yang tak terhingga.

“Silaturahim manfaatnya dalam islam ada banyak, salah satunya memperpanjang umur, dan menambah rezeki, jadi ketika saya didapuk kepercayaan menghadiri acara yang didalamnya menjadi ajang silaturrahmi, tentu saja itu berkah yang berlipat ganda bagi saya,” pungkasnya. ***