Terwujudnya Kabupaten Bengkalis Sebagai Model Negeri Maju dan Makmur di Indonesia
me

MUSTAR J AMBARITA

Anggota

Data Personal


Tempat/Tgl Lahir :
Lumban Gala Gala, 09-07-1971
Agama :
KRISTEN PROTESTAN
Jenis Kelamin :
L
Status Perkawinan :
KAWIN

Keluarga


Nama Istri/Suami :
NURAIJAH SIMATUPANG
Jumlah Anak :
4 Anak

Fraksi & Daerah Pemilihan


Fraksi :
Fraksi Suara Rakyat
Daerah Pemilihan :
TALANG MUANDAU

Posisi di Komisi


Nama Komisi :
Komisi I
Jabatan :
Anggota

Posisi di Badan Kelengkapan


Nama Badan :
Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Anggota)

Jabatan di Badan Publik


Jabatan :

Jabatan di Komisi Publik


Jabatan :

Riwayat Pendidikan


1. SD
2. SMP
3. SMA

Riwayat Pekerjaan

1. Anggota DPRD Kab. Bengkalis (2019-2024)

Riwayat Organisasi


Biografi

Berangkat dari partai Nasdem (Nasional Demokrat) yang dicetuskan oleh Surya Paloh dan Sri Sultan Hamengkubuwono X, Mustar J Ambarita memberanikan diri maju dan bersaing mewakili Dapilnya yaitu Kecamatan Pinggir untuk menjadi wakil rakyat. Walaupun dirinya akui banyak sekali sosok-sosok terkenal yang mempunyai peluang tinggi untuk terpilih, ia tak patah arang karena tekadnya untuk memperjuangkan rakyat sudah bulat dan tidak bisa ditawar-tawar lagi. Dan akhirnya atas dukungan keluarga, partai, dan masyarakat yang telah memilihnya Mustar J Ambarita berhasil mengambil alih salah satu kursi di DPRD Bengkalis.

Layaknya seorang legislatif, amanah yang diberikan oleh masyarakat akan berusaha ia kawal dan ditindaklanjut sesuai perturan yang berlaku dan dengan kemampuan yang dimilikinya baik di rapat-rapat kerja di komisi maupun ketingkat yang lebih tinggi lagi. program-program kemasyarakatan sudah ia canang demi terwujudnya kemakmuran daerah Kabupaten Bengkalis. Ia sangat menaruh perhatian terhada perkembangan pendidikan di Kabupaten Bengkalis. Menurutnya salah satu cara untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah dengan cara meningkatkan kualitas pendidikan sedini mungkin, dimulai dari tingkat Paud, TK, SD, SLTP, SMA/SMK, sampai ke perguruan tinggi.

Mustar J Ambarita menegaskan agar pelayanan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis di sektor pendidikan dapat menyentuh semua golongan masyarakat, khususnya masyarakat yang berpenghasilan rendah dan masyarakat yang berada di daerah-daerah terpencil. Ketua Yayasan TK Mutiara Pulai Desa Tengganau tersebut menyampaikan bahwa mendidik serta membangun anak-anak yang berkarakter di usia dini dalam menciptakan generasi muda bangsa yang handal merupakan tanggung jawab semua pihak, baik itu pihak orang tua atau wali siswa/I itu sendiri, maupun pihak pemerintahan setempat. “Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa yang sangat kita banggakan. Karena itu, pendidikan mereka haruslah dimulai sejak usia dini.

Selain orang tua, peranan pemerintah di sektor pendidikan juga sangatlah penting”. Lanjutnya, “Karena itu, kami sangat berharap agar pihak Disdik Kabupaten Bengkalis dapat melakukan peranannya dengan baik dan merata di seluruh satuan pendidikan yang ada diwilayahnya tanpa memandang golongan masyarakatnya, terutama di satuan pendidikan anak usia dini”. Mustar juga menyampaikan agar pihak Disdik dapat melakukan pelatihan dan pembimbingan terhadap pendidik di setiap satuan, melakukan pengarahan terkait berbagai urusan administrasi perijinan di sektor pendidikan, dan bidang lainnya juga.

Bila perlu pihak disdik jemput bola ke setiap satuan yang ada. Ketika menemui masyarakat saat masa reses yang merupakan kegiatan rutin anggota DPRD menemui Konstituen di Dapil masing-masing, Mustar menegaskan bahwa pembangunan dan kemajuan dalam peningkatan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat dapat tercapai apabila keseluruhan lapisan masyarakat dapat bersama dan bersatu mewujudkannya. “Kegiatan reses merupakan amanah dari konstitusi yang harus dilaksanakan seorang anggota DPRD. karena itu, saya hadir ditengah-tengah masyarakat untuk dapat menyerap serta menampung berbagai aspirasi masyarakat. Namun pencapaian berbagai aspirasi tersebut ada prosesnya. Pastinya, kami sebagai anggota DPRD akan memperjuangkan berbagai aspirasi tersebut agar terealisasi.

Tentunya dengan harapan dan kerjasama kita antara legislatif, eksekutif, dan masyarakat”, Tegas Mustar J Ambarita. Ia tak henti-henti mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mempercayainya untuk duduk di DPRD Bengkalis sebagai wakil rakyat. Tanggung jawab besar yang diamanahkan kepadanya ini akan berusaha ia emban sebaik-baiknya agar masyarakat tidak merasa kecewa memilihnya duduk di kursi kehormatan DPRD. “Kepercayaan, serta amanah ini akan saya jaga, bersama kita mampu untuk pencapaian pembangunan di berbagai bidang apapun itu”,