Terwujudnya Kabupaten Bengkalis Sebagai Model Negeri Maju dan Makmur di Indonesia
me

SURYA BUDIMAN

Anggota

Data Personal


Tempat/Tgl Lahir :
Duri, 08-02-1981
Agama :
ISLAM
Jenis Kelamin :
L
Status Perkawinan :
KAWIN

Keluarga


Nama Istri/Suami :
ROMAITO NASUTION
Jumlah Anak :
3 Anak

Fraksi & Daerah Pemilihan


Fraksi :
Fraksi Kebangkitan Bintang Indonesia
Daerah Pemilihan :
BATHIN SOLAPAN

Posisi di Komisi


Nama Komisi :
Komisi III
Jabatan :
Sekretaris

Posisi di Badan Kelengkapan


Nama Badan :
Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Anggota)

Jabatan di Badan Publik


Jabatan :

Jabatan di Komisi Publik


Jabatan :

Riwayat Pendidikan


1. SD
2. SMP
3. SMA

Riwayat Pekerjaan

1. Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis (2019-2024)

Riwayat Organisasi


Biografi

Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis yang berasal dari daerah pemilihan Bathin Solapan-Mandau ini memutuskan untuk terjun ke politik dengan harapan agar bisa membantu menyampaikan aspirasi masyarakat ke pemerintah. Bersama PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) beliau terus berjuang dalam menyampaikan aspirasi masyrakat demi pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat, Surya Budiman tidak hanya berdiam diri menampung aspirasi di kantor dewan atau dirumahnya saat di Bathin Solapan, tapi beliau juga aktif turun kelapangan bertemu langsung dengan masyarakat di daerah untuk mendengar segala keluh kesah masyrakat yang nantinya akan di tindaklanjuti dan diteruskan ke pihak eksekutif.

Aktif sebagai sekretaris di Komisi III bidang keuangan, Surya Budiman bersama ketua dan anggota yang lain berperan aktif dalam setiap pertemuan bersama dinas-dinas maupun masyarakat dalam melakukan penyelesaian masalah juga konsultasi ke berbagai daerah demi menemukan titik terang atas permasalahan tersebut. Menurut pria kelahiran Duri, 08 Februari 1981 ini, lembaga legislatif tempat berkiprahnya para politikus dinilai sangat urgent bagi memotivasi dan menggerakkan pembangunan daerah.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, seorang politikus yang duduk di legislatif, memiliki hak pengawasan terhadap berbagai kebijakan dan program pembangunan yang dijalankan pemerintah, termasuk memiliki hak budget (penganggaran). Inilah sebenarnya yang menjadi dasar dirinya memberanikan diri mencalonkan diri sebagai anggota dewan dan akhirnya duduk di legislatif pada tahun 2019. Menurutnya menjadi anggota dewan, bukan semata untuk mengejar prestasi dan kedudukan, melainkan berangkat dari niat untuk memajukan daerah. Dari latar belakang organisasi yang pernah dilakoninya, dan segudang pengalaman yang dipunyai, tampaknya memberikan sebuah spirit dan motivasi baginya untuk berkiprah menjadi waklil masyarakat, yakni bagaimana dengan kehadirannya di lembaga legislatif dapat menyumbangkan pemikiran dan tenaganya bagi masyarakat Kabupaten Bengkalis secara keseluruhan.

Pria tiga anak ini juga memandang, bahwa setiap bentuk pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah, hendaknya berorientasi kepada kesejahteraan rakyat. Ia juga menyorot tajam penggunaan keuangan daerah yang menurutnya harus dilakukan dengan benar, efesien dan tepat sasaran. Oleh karena itu, masing-masing satuan kerja di lingkungan Pemerintah Bengkalis, diminta benar-benar memanfaatkan keuangan daerah untuk melaksanakan program yang dinilai memiliki Impact terhadap percepatan pembangunan dan perbaikan di berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Selain itu suami dari Romaito Nasution ini juga mendukung penuh terhadap usaha UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), khususnya tandjak melayu. Selain sebagai ikon Kabupaten Bengkalis usaha ini juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat kecil dan sebagai alternatif untuk menghidupkan perekomomian yang saat ini terlihat lesu dari semua unsur. Ia berharap kebijakan perekomian pemerintah tidak hanya mementingkan para pengusaha besar tetapi juga memihak pihak kecil seperti UMKM.

Tidak hanya mendengarkan aspirasi dari masyarakat beliau juga membantu masyarakat yang kurang mampu dengan GAS (Gerakan Antar Sedekah). Dimana gerakan ini menerima dan mengantarkan sedekah kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Gerakan ini juga selain menerima dengan uang dari donatur, dengan sembako pun tetap menerima sedekah berapapun dan apapun itu jenisnya. Dan akan disalurkan tepat pada sasarannya. Beliau juga mengajak kepada masyarakat untuk berbagi dengan apapun yang kita miliki kepada masyarakat yang membutuhkan. ***