Terwujudnya Kabupaten Bengkalis Sebagai Model Negeri Maju dan Makmur di Indonesia
me

H. ZAMZAMI, SH

Anggota

Data Personal


Tempat/Tgl Lahir :
Bengkalis, 23-09-1954
Agama :
ISLAM
Jenis Kelamin :
L
Status Perkawinan :
KAWIN

Keluarga


Nama Istri/Suami :
MERIYANA
Jumlah Anak :
4 Anak

Fraksi & Daerah Pemilihan


Fraksi :
Fraksi PAN
Daerah Pemilihan :
BENGKALIS

Posisi di Komisi


Nama Komisi :
Komisi IV
Jabatan :
Anggota

Posisi di Badan Kelengkapan


Nama Badan :
Badan Musyawarah (Anggota)

Jabatan di Badan Publik


Jabatan :

Jabatan di Komisi Publik


Jabatan :

Riwayat Pendidikan


1. SDN di Bengkalis
2. SMPN di Bengkalis
3. SMA di Pekanbaru
4. Sarjana di Pekanbaru 

Riwayat Pekerjaan

1. Kepala Syahbandar Bengkalis 
2. Kepala Syahbandar Selat Panjang
3. Kepala Syahbandar Tanjung Batu Kundur
4. Kepala Syahbandar Pekanbaru
5. Anggota DPRD Bengkalis (2014-2019)
6. Anggota DPRD Bengkalis (2019-2024)

Riwayat Organisasi

1. Sekretaris DPA INSA Pekanbaru
2. Ketua DPA INSA Pekanbaru
3. Bendahara DPA Partai Amanat Nasional Bengkalis
4. Pengurus Majelis Ulama Bengkalis

Biografi

Bergabung ke Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus menjadi perahu untuk bisa duduk di DPRD adalah hal yang saya impikan. Karena sumbangsih partai berlambang matahari itu sangat mendukung dan terus mendorong semangat saya untuk meluruskan niat berbuat untuk masyarakat.” Begitu penggalan pembuka yang disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis periode 2014- 2019 daerah pemilihan Bengkalis-Bantan ini mengawali wawancaranya dengan tim penulis.

Tekad untuk terus menampung dan memperjuang aspirasi masyarakat terlebih di sector pembangunan infrastruktur di negeri junjungan ini merupakan tujuan utama yang tidak bisa tawartawar lagi. ”Saya duduk di dewan ini berkat dukungan dari rakyat. Jadi, tekad saya adalah memperjuangkan aspirasi masyarakat untuk pembangunan Bengkalis yang lebih baik,” ujar politisi Partai Amanat Nasional (PAN), H. Zamzami, SH. Zamzami yang saat ini berada di Komisi IV yang membidangi masalah Kesejahteraan dan Sumber Daya Manusia, melihat dari sisi kesejahteraan dan pelayanan di Kabupaten Bengkalis, memang belum sepenuhnya maksimal. Dirinya telah bertekad bersama kawan-kawan di eksekutif maupun legislatif membangun Bengkalis ke depan lebih baik.

Dalam proses pembangunan yang dilakukan pemerintah, sebagai wakil rakyat, Zamzami menegaskan akan terus melakukan pengawasan agar apapun program pemerintah untuk rakyat bisa berjalan demi terciptanya masyarakat yang sejahtera. “Sebagai legislatif yang memiliki hak pengawasan, tentunya kita meminta pemerintah bekerja secara sungguh-sungguh. Membangun seperti apa yang diharapkan masyarakat, terlebih hal yang langsung berkenaan dengan peningkatan pelayanan demi kesejahteraan masyarakat,” ujar pria kelahiran 23 September 1954 ini. Menurut pensiunan pegawai negeri sipil Dirjen Perhubungan ini, di era kepemimpinan Bupati Amril Mukminin sudah cukup banyak pembangunan yang bersentuhan langsung kepada masyarakat.

“Misalnya masalah kesehatan, peningkatan pelayanan dan juga sarana prasarana di RS Bengkalis maupun Mandau sudah terlihat perkembangan, kita sangat apresiasi itu. Hanya saja masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan lebih, seperti kebutuhan dokter spesialis, prosedur pelayanan yang efektif bagi pasien, dan juga pelayanan IGD” Ungkap ayah empat anak ini.

Seperti halnya dengan koleganya sesama anggota DPRD lain yang duduk berkat dukungan masyarakat di kursi terhormat DPRD, aspirasi dari masyakarat sebagian besar sudah ia perjuangkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan. Aspirasi itu diperjuangkan sebagaimana yang ia dapatkan disaat melakukan kunjungan kerja di daerah pemilihan memanfaatkan reses. “Berhasil memperjuangkan yang diinginkan masyarakat, merupakan kemenangan moral bagi diri saya. Bagaimana dalam rentang waktu yang pendek ini, saya harus mampu memberikan nilai tambah tersendiri bagi diri saya dan orang banyak,” ujar pria yang pernah beberapa kali menjabat sebagai kepala Syahbandar di beberapa daerah.  

Selama 30 tahun menjadi abdi negara sebagai pegawai negeri di Dirjen Perhubungan, tidak membuat ayah empat anak ini berhenti untuk memberikan sisa tenaganya mengabdi untuk negeri ini. Berkat keyakinan dan niat serta didukung penuh pihak keluarga, Zamzami memberanikan diri untuk ikut maju pada Pemilihan Legislatif 2014 dari Dapil Kecamatan Bengkalis dan Bantan.

Berawal dari niat baik, untuk berjuang dengan masyarakat melalui wadah yang pas, pria kelahiran 1954 itu akhirnya diberikan amanah oleh masyarakat untuk duduk di kursi terhormat sebagai wakil rakyat. “Alhamdulillah, niat baik untuk mengabdi kepada masyarakat berujung baik. Saya dipercaya masyarakat untuk duduk sebagai wakilnya di DPRD Kabupaten Bengkalis,” tuturnya. Menurutnya, bergabung bersama Partai Amanat Nasional (PAN) didorong pada niat dan semangatnya untuk berbuat kepada masyarakat. Di PAN, Zamzami dipercaya menjadi bendahara, ini tentu tidak terlepas dari melihat kiprahnya yang mampu memberikan nilai tambah bagi partai. “Saya lahir bukan dari basis orang politik, berpolitik masih sangat baru bagi saya. Tetapi itu bukanlah menjadi alat ukur, partai yang mendukung saya punya niat besar membangun tanah kelahiran saya, sama dengan niat besar saya mengabdi untuk negeri dan masyarakat,” tegasnya.