Terwujudnya Kabupaten Bengkalis Sebagai Model Negeri Maju dan Makmur di Indonesia
me

FIRMAN

Anggota

Data Personal


Tempat/Tgl Lahir :
Bengkalis, 10-09-1973
Agama :
ISLAM
Jenis Kelamin :
L
Status Perkawinan :
KAWIN

Keluarga


Nama Istri/Suami :
Mairina AS, S.Kep
Jumlah Anak :
4 Anak

Fraksi & Daerah Pemilihan


Fraksi :
Fraksi Suara Rakyat
Daerah Pemilihan :
BENGKALIS

Posisi di Komisi


Nama Komisi :
Komisi IV
Jabatan :
Anggota

Posisi di Badan Kelengkapan


Nama Badan :
Badan Anggaran (Anggota)
Badan Musyawarah (Anggota)

Jabatan di Badan Publik


Jabatan :

Jabatan di Komisi Publik


Jabatan :

Riwayat Pendidikan


1. SD
2. SMP
3. SMA

Riwayat Pekerjaan

1. Wiraswasta 
2. Anggota DPRD Bengkalis (2014-2019)
3. Anggota DPRD Bengkalis (2019-2024)

Riwayat Organisasi

1. Sekretaris DPC PPP Kab. Bengkalis 

Biografi

Berkecimpung di dunia politik memang bukan hal yang mudah, banyak perjuangan yang harus dilakukan, namun hal itu tidak menyurutkan anggota DPRD Kabupaten Bengkalis yang berasal dari daerah pemilihan I Kec. Bengkalis-Bantan ini memutuskan untuk menceburkan diri ke dunia politik dengan harapan agar bisa membantu menyampaikan aspirasi masyarakat ke pemerintah. Kehadiran Firman, politisi partai PPP di DPRD Bengkalis sedikit banyak mewarnai kinerja di kalangan legislatif Bengkalis.

Setelah dilantik sebagai pengganti antar waktu anggota DPRD Bengkalis dari Partai Persatuan Pembangunan melalui sidang Paripurna Istimewa DPRD Bengkalis pertengahan tahun 2017 lalu, anak dari pasangan Afnizar dan Yusna ini langsung bergerak cepat menyesuaikan diri di lingkungan internal DPRD Kab. Bengkalis. Sempat dipercaya menjadi Wakil ketua Komisi III bidang ekonomi keuangan pada periode lalu, Firman tak menyia - nyiakan amanah yang diberikan. Sebelum ke permasalahan teknis, ia beranggapan hal paling mendasar yang harus sama - sama dipahami adalah kebersamaan dan kerjasama yang harmonis antara legislatif dan eksekutif harus ditingkatkan.

Dengan demikian, semua program yang dibuat dan diajukan eksekutif untuk kemudian anggarannya dibahas di DPRD dapat dilaksanakan untuk kemajuan Bengkalis ke depan. Disamping itu, selaku wakil rakyat, Firman sudah pasti akan menyuarakan aspirasi konstituennya. Namun demikian, Firman mempunyai prinsip untuk lebih mementingkan kepentingan umum daripada kepentingan perorangan ataupun kelompok. Aspirasi masyarakat yang bersifat prioritas Firman katakan akan ia perjuangkan di DPRD. menurutnya, di negeri yang kaya ini masih begitu banyak masyarakat yang hidup dengan ekonomi yang pas-pasan.

Tidak hanya dari segi materi, apa yang menjadi hak mereka pun sering terabaikan. Seperti hak untuk menikmati infrastruktur dasar, kesehatan, pendidikan, dan lainnya. “Semampu saya, akan saya perjuangkan hak-hak masyarakat. Baik itu kebutuhan akan infrastruktur dasar seperti jalan, listrik, air, dan sebagainya, juga kebutuhan kesehatan dan pendidikan,”Sebut Firman.

Belajar dari Pengalaman
Setelah berhasil melalui fase pertamanya di kursi legislatif, Firman mantap kembali mencalonkan diri sebagai anggota legislatif di periode 2019 -2024, berbekal dari pengalaman periode yang lalu, Firman meyakini bahwa dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat, komunikasi yang baik dengan mereka harus selalu dijalin dengan baik. masyarakat menurut Firman, merupakan bagian terpenting dalam kedudukannya sebagai anggota dewan. Karena merekalah dirinya bisa duduk di kursi legislatif dengan berbagai fasilitas yang diberikan pemerintah.

“Tanpat mereka, maka kita tidak ada apa- apanya. Jadi sudah sewajarnya kita selalu membangun komunikasi dengan mereka dan berusaha untuk selalu ada disamping mereka ketika kita dibutuhkan,”Kata Firman. Saat ini Sekretaris DPC PPP Kab. Bengkalis ini berada di komisi IV sebagai anggota. Komunikasi yang ia bangun ke masyarakat terutama konstituennya pelan - pelan menbuahkan hasil. “Saya berkomitmen dengan konstituen saya, apalagi tidak ada suara yang saya “beli” dari masyarakat. Tujuan kami untuk menampung aspirasi, berdiskusi dan sesuai dengan kemampuan saya sebagai anggota dewan,” kata Firman.

Secara pribadi ia juga menyampaikan, di daerah peimilihannya, terutama kec. Bantan sangat perlu digesa untuk pembangunan masyarakat setempat, sesuai dengan bidangnya di komisi IV, masalah infrastruktur, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Mengingat geografs yang luas, pelayanan masyarakat dirasa cukup penting seperti infrastruktur jalan, mobil ambulan, rumah ibadah. Dan Alhamdulillah sudah ada beberapa desa yang berhasil ditingkatkan fasilitasnya, seperti desa Palkun yang sekarang sudah punya mobil kesehatan ambulan, desa kembung yang ia perjuangkan pembangunan infrastruktur jalan lingkungan.

“Itu adalah buah hasil dari komunikasi yang baik kita jalin dengan masyarakat, dan insya allah kedepannya komunikasi ini akan terus kita tingkatkan lagi, sehinga semua desa maupun setiap lapisan masyarakat di Kec. Bengkalis - Bantan bisa mendapatkan apa yang sebenarnya menjadi kebutuhan mereka,” imbuhnya lagi. Dalam mengemban tugas yang diamanahkan kepadanya sebagai Anggota DPRD dan bekerja di komisi IV, ia berusaha untuk bekerja sesuai fungsi dan kerja yang telah diatur dalam undang-undang yang berlaku saat ini, walaupun berbagai dinamika terjadi dan banyak mewakili kepentingan, tetapi tidak melupakan tugas dan fungsi anggota DPRD dalam menjalankan pemerintahan. ***