Teks foto: Ketua Komisi IV Sofyan,S.pd.i Bersama Kepala Desa dan Tamu Undangan Lainnya Saat Menekan Sirine Penutupan MTQ ke-6 Tingkat Desa Teluk Papal

Bengkalis, Humas DPRD - Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bengkalis Sofyan, S.Pd.i menghadiri Acara Penutupan Musabaqah Tilawatil Qur'an Ke-6 tingkat Desa Teluk Papal Kecamatan Bantan Tahun 2019, pada Rabu 25 Desember 2019.

MTQ yang diadakan di halaman mesjid Assuhada di jalan Subrantas Desa Teluk Papal bertema "Bumikan Al-Qur'an guna mewujudkan masyarakat madani menuju kemakmuran umat dan sebagai penguat Ukhuwah Islamiah dalam membentuk generasi Quran".

Ketua Komisi IV Sofyan dalam sambutannya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah desa dan segenap panitia pelaksana yang telah melaksanakan kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran ke - 6 Desa Teluk Papal.

"Kegiatan MTQ yang dilaksanakan di hampir seluruh desa di Kecamatan Bantan ini berkat kekompakan, kearifan lokal, kebersamaan dan tekad masyarakat khususnya pemerintah desa dan panitia sehingga acara sukses dilakukan", Ucapnya.

Kegiatan MTQ ini hendaknya dimaknai sebagai bagian dari syiar agama, sehingga Alquran seharusnya dijadikan suri tauladan, suluh dan pedoman bagi kehidupan sehari-hari, dan yang terpenting adalah pembinaan bagi para peserta MTQ yang akan melanjutkan perjuangannya ke Kecamatan atau yang lebih tinggi. Ia berharap kegiatan MTQ ini meningkatkan spirit kebersamaan masyarakat desa Teluk Papal.

"APBD 2020 telah disahkan pada 28 November 2019, sehingga bagaimana kita dapat menjalankan program-program pemerintah yang sudah ditetapkan terutama infrastruktur, pelayanan pendidikan, kesehatan, dan terkait mandatory spending alokasi dana desa. Kita beruntung bahwa pemerintah daerah dan DPRD telah peduli terkait dengan kemasyarakatan", Lanjutnya lagi.

Sebagai ketua komisi IV DPRD ia menyampaikan bahwa di bidang pendidikan dialokasikan sebesar 22 persen dari APBD. Dan hal ini merupakan prestasi yang patut disyukuri, salah satu yang dianggarkan yaitu untuk guru madrasah sebesar 31 Milyar lebih dimana ada kenaikan dari sebelumnya mulai dari MDTA, MA, MI dan MTS, dari segi kesehatan dialokasikan dana 10 Milyar untuk mengintegrasikan masyarakat kurang mampu yang belum terdaftar ke BPJS, terkait alokasi dana desa melalui dana transfer sebesar 2,8 Triliun dibagi 10 persen yaitu 280 Milyar, jika dibagi ke desa-desa sesuai dengan indeks ekonomi, luas daerah dan jumlah penduduk sekitar 1 hingga 2 milyar per-desa. Diharapkan dengan pemekaran desa dapat menjadikan desa yang mandiri, inovatif dan kreatif.

Ia meminta kepada kepala desa untuk mengajak seluruh perangkat desa dan masyarakat untuk terlibat bersama dalam proses pembangunan. Tujuannya adalah untuk percepatan pembangunan desa. Ia berpesan pula jika ada konflik di desa dan perselisihan dapat diselesaikan dengan baik sehingga tidak menimbulkan perpecahan. Selain itu, masyarakat dipersilahkan memberikan usulan-usulan terkait pembangunan desa untuk diperjuangkan nantinya di pembahasan APBD 2021. Dengan keterbatasan anggaran tidak semua kegiatan dapat diakomodir, namun diharapkan ada kegiatan yang bisa dimasukkan untuk setiap desa khususnya Kecamatan Bantan.

Diumumkan pada MTQ tersebut Pembaca terbaik Alquran pada MTQ ke-6 tingkat Desa Teluk Papal diberikan kepada Liza Uswatun Hasanah desa Papal dari golongan Putri dengan jumlah nilai 97,5.

 


[Ikuti Terus DPRD Bengkalis Melalui Sosial Media]







DPRD Bengkalis
di Google+



DPRD Bengkalis
di Instagram

Angka Kejadian COVID-19 di Kabupaten Bengkalis
Update Terakhir: Kamis, 13 Agustus 2020 13:10:21 WIB
Tercatat di Dinas Kesehatan

94

ODP PDP POSITIF

0

66

28

Sumber : corona.bengkaliskab.go.id [Lihat Selengkapnya]

Berita Lainnya

Tulis Komentar