Teks foto: Pj.Bupati dan Ketua DPRD Khairul Umam Saat Paripurna Jawaban Bupati

Bengkalis, Humas DPRD – DPRD Kabupaten Bengkalis kembali melaksanakan Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Bengkalis terhadap Penyampaian Ranperda Tentang RAPBD Kabupaten Bengkalis Tahun Anggaran 2021, Jumat (27/11/2020).

Didampingi Pj. Bupati H. Syahrial Abdi, Ketua DPRD H. Khairul Umam meminta setiap fraksi menunjukkan juru bicaranya untuk menyampaikan Pandangan Umum terhadap Ranperda APBD Tahun Anggaran 2021.

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera disampaikan oleh Juru Bicaranya Hj. Zahraini menyampaikan terkait dengan serapan pembangunan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) harus dimaksimalkan, pemerintah daerah perlu mengevaluasi apakah pembangunan yang didanai melalui DAK fisik bisa berdampak untuk menjadi daya ungkit signifikan terhadap perekonomian daerah. Serta pelaksanaannya pun harus diawasi dengan cermat.

Selanjutnya Fraksi Partai Golongan Karya dengan juru bicara Rahmah Yenny menyampaikan "Fraksi partai Golkar berharap pemerintah daerah Kab. Bengkalis memiliki strategi tepat dan jitu untuk diterapkan pada kebijakan APBD Tahun Anggaran 2021 dapat meningkat lebih baik lagi," ucapnya.

Febriza Luwu dari Fraksi PDI Perjuangan memberikan catatan salah satunya meminta kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk mengurangi alokasi anggaran yang tidak memiliki output atau dampak yang besar bagi masyarakat serta fokus mengalokasikan untuk bantuan kemasyarakatan, mengingat dampak pandemic Covid-19 berpengaruh besar dan langsung pada perekonomian masyarakat.

"Diharapkan Pemerintah Kab. Bengkalis melakukan pembenahan Roro Air Putih dan Sungai Selari yang beberapa saat lalu terjadi penumpukan di Fery penyeberangan, segera dibentuk BLU atau sejenisnya untuk mengelola penyebrangan kedepannya," tutur Indrawansyah dari Fraksi Partai Amanat Nasional.

Kemudian Fraksi Gerindra oleh Juru Bicara H. Arianto menyampaikan sesuai dengan catatan dan masukan, berharap lembaga yang terkait dengan pendapatan, agar terus menggali sumber-sumber pungutan daerah yang belum maksimal, berdasarkan ketentuan yang memenuhi kriteria pungutan daerah yang baik dan benar.

Fraksi Gabungan Suara Rakyat oleh Firman berkenaan dengan belanja daerah, kami ingatkan agar pemerintah Kabupaten Bengkalis konsisten dengan RPJMD dan akan memprioritaskan pada program yang memihak kepentingan masyarakat dan kebutuhan masyarakat.

Terakhir Surya Budiman dari Fraksi Kebangkitan Bintang Indonesia menyampaikan terkait dengan sekolah-sekolah swasta terutama sekolah agama hendaknya menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk mendapatkan sentuhan dalam APBD Kabupaten Bengkalis Tahun Anggaran 2021.

Pandangan umum yang telah disampaikan oleh masing-masing fraksi dijawab atau dijelaskan oleh Pj. Bupati Bengkalis Syahrial Abdi pada sidang paripurna Jawaban Bupati.

 


[Ikuti Terus DPRD Bengkalis Melalui Sosial Media]







DPRD Bengkalis
di Google+



DPRD Bengkalis
di Instagram

Berita Lainnya

Tulis Komentar