
Batam, Humas DPRD – Keberadaan media sosial sangat strategis untuk mengoptimalkan pelayanan publik, terutama pemerintah Daerah. Dengan adanya kecanggihan teknologi pemerintah bisa memberikan layanan yang lebih efesien kepada masyarakat termasuk melayani pengaduan maupun keluhan dari masyarakat melalui aplikasi berbasis internet. Terkait dengan hal tersebut Komisi II DPRD Kab. Bengkalis yang diketuai oleh Hendri bersama Wakil Ketua H. Mawardi, serta anggota H. Zamzami, Adihan, SH, H. Azmi, Johan Wahyudi, Zamzami Harun, ST, Nurazmi Hasyim, ST, Safrana Fizar, Ibra Teguh, Rianto dan Simon Lumban Gaol mendatangi Dinas Komunikasi dan Informasi kota Batam untuk mencari informasi dan belajar terkait pengelolaan MC (Media Center) kota Batam, pada Kamis (07/02/2019). Rombongan disambut langsung oleh Kabid Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Yulidasril, didampingi oleh Kasi Kemitraan Muhardi, Kasi Pelayanan KIP Amro Sandjaja dan Kasi Pengelolaan Indra Sufian.
Terkait pengelolaan Media Center, Seperti yang dikatakan Kabid Kominfo Batam Yulidasril, Media Center kota batam ini merupakan tempat untuk mengakses informasi masyarakat, jurnalis serta mahasiswa dan tentunya sebagai tempat penyebaran informasi terkait kegiatan Walikota, Wakil Walikota serta OPD.
Dalam hal mendukung pelayanan publik khususnya untuk memenuhi pengaduan masyarakat Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Komunikasi dan Informasi menciptakan Aplikasi “ApeKesah” dimana masyarakat dapat melakukan pengaduan secara online yang disampaikan langsung melalui aplikasi tersebut. Dengan menginstall aplikasi tersebut di smartphone, masyarakat dapat langsung melaporkan kejadian ataupun kegiatan maupun keadaan secara langsung berupa lokasi/posisi, tanggal dan waktu, laporan dan foto. Yang nantinya akan terkirim ke OPD yang bertanggungjawab terhadap bidang yang dilaporkan.
Mengenai aplikasi tersebut, Ketua Komisi II Hendri mengharapkan agar Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Bengkalis bisa mengadopsi aplikasi Apekesah yang dikelola di kota Batam agar Kab. Bengkalis juga bisa menampung dan merespon keluhan dan aspirasi dari masyarakat secara cepat. Di Kab. Bengkalis sendiri masih belum memiliki aplikasi serupa dan keluhan dan aspirasi warga disampaikan melalui SP4N Lapor dari Kementerian Kominfo RI.
“Persoalan anggaran tidak perlu dikhawatirkan, kami siap membantu menganggarkan dananya demi melayani masyarakat”, Ungkap Hendri.
Satu suara dengan Hendri, anggota Komisi II DPRD Kab. Bengkalis lainnya juga turut mendukung adanya pengembangan aplikasi tersebut di Kab. Bengkalis. aplikasi semacam itu sangat bermanfaat dan efektif bagi pemerintah daerah Kab. Bengkalis untuk menampung dan menindaklanjuti segala keluhan dan aspirasi dari masyarakat.
Selain anggota Komisi II, hadir pula dalam rapat tersebut Kabag Humas Setwan Kab. Bengkalis H. Muhammad Nasir beserta staf dan Sekretaris Diskominfotik Bengkalis Adi Sutrisno.
Berita Lainnya
Anggota DPRD Firman Sumbangkan Doorprize pada MTQ ke VI Tingkat Desa Sukamaju
Sofyan: Jadikan Alquran Suri Tauladan, Suluh, dan Pedoman bagi Kehidupan Sehari-Hari