Teks foto: Pembukaan MTQ ke-15 Tingkat Kecamatan Siak Kecil, Bupati Bengkalis: Al-Quran Memberikan Landasan Moral dalam Membangun Sistem Demokrasi

Siak Kecil, Humas DPRD - Ditandai dengan penekanan tombol sirine, Bupati Bengkalis Amril Mukminin  resmi membuka Acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke  15  tahun 2019, tingkat Kecamatan Siak Kecil yang saat itu juga dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Hj. Aisyah dan Febriza Luwu. Acara dipusatkan di Halaman Kantor Camat Siak Kecil, Desa Lubuk Muda, Sabtu (06/04/2019).

Sebelum pembukaan MTQ ke  15, tingkat Kecamatan Kecil, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni  Amril di dampingi Bupati Bengkalis Amril Mukminin  terlebih dahulu meresmikan stand Bazar tingkat Kecamatan Siak Kecil yang diikuti seluruh desa yang ada di Kecamatan Siak Kecil.

Mengangkat tema "Melalui pelaksanaan MTQ ke-15 tingkat Kecamatan Siak Kecil mari kita sukseskan pesta demokrasi 2019 dengan aman, damai, sejuk dan kondusif", MTQ dihadiri oleh ribuan masyarakat sekitar yang turut memeriahkan acara.

Bupati Amril dalam sambutannya, Negara Indonesia adalah negara dengan unsur ideologi ketuhanan diletakkan pertama dalam pancasila sebagai landasan berpijak empat sila lainnya. Agama dengan nilai moralitasnya berperan sebagai penjaga aturan, harmonisasi, norma dan nilai dalam masyarakat. Pada sisi lain, politik identik dengan kekuasaan dan peran regulasinya.

Ia melanjutkan, Islam memiliki nilai-nilai etis yang melandasi demokrasi, seperti prinsip Al-adalah (keadilan), Al-musawah (persamaan), dan Asy-syura (musyawarah). Dengan demikian, demokrasi sama sekali tidak bertentangan dengan al-quran. Justru Al-Quran memberikan landasan moral dalam membangun sistem demokrasi.

"Sudah saatnya berbagai polemik, ketegangan, dan fitnah yang merebak saat ini, dikembali kepada konsep damai yang Qur’ani, sebab, dengan islam, iman dan ihsan memungkinkan untuk berada dalam persaudaraan dan persahabatan bagi terciptanya ketentraman, keharmonisan dan kedamaian", ujarnya.

Kemudian ia juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah menunjukkan komitmen dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program strategis, khusus untuk Kecamatan Siak Kecil adalah peningkatan jalan Sungai Linau menuju Desa Tanjung Damai sebesar (Rp.19,535 milyar), kemudian peningkatan Jalan Sumber Jaya menuju Desa Tanjung Damai sebesar (Rp. 19,535 milyar).  Serta pembangunan 1.200 buah rumah layak huni yang akan tersebar diseluruh kabupaten bengkalis termasuk di Kecamatan Siak Kecil.

Sementara itu Camat Siak Kecil dalam sambutannya,"Kepada bapak Bupati Bengkalis, mewakili masyarakat Kecamatan Siak Kecil, kami sebagai putra daerah mengucapkan terima kasih kepada bapak Bupati Bengkalis yang selama ini terkhusus di tahun 2019 memberikan kepercayaan yang besar terhadap pembangunan di Kecamatan siak Kecil. saya selaku Camat Siak Kecil, yang di amanahkan Bapak Bupati Bengkalis, sangat mengharapkan kepada masyarakat yang saya cintai untuk dapat mendukung dan mensukseskan program dari Bapak Bupati Bengkalis kedepannnya sehingga Kecamatan Siak Kecil menjadi prioritas pembangunan Kabupaten Bengkalis di masa masa yang akan datang",Ungkapnya.

Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Daerah Pemilihan Bukit Batu, Siak Kecil Dan Bandar Laksamana, Hj. Aisyah dan Febriza Luwu memberikan apresiasi kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras demi terlaksananya MTQ ke  15 Tingkat Kecamatan Siak Kecil, semoga kedepannnya akan lahir Qory dan Qoriah terbaik. Diharapkan, pemenang MTQ ke  15 ini bisa mengharumkan nama Kecamatan Siak Kecil hingga ke tingkat Kabupaten bahkan Nasional.

Melalui MTQ ke-15 diharapkan mampu memberikan peluang kepada masyarakat untuk menjadi lebih baik lagi, baik dari sisi mental maupun akhlaknya.

Selain itu, Selama Pelaksanaan  MTQ ini roda perekonomian penduduk setempat akan mengalami peningkatan dari segala sektor, termasuk para pedagang kecil juga akan merasakan dampak peningkatan pendapatan tambahan.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis Bustami HY, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Bengkalis (Kapolres, Kajari Dan Dadim), Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bengkalis, Qariah Yang Merupakan Anak Watan Bengkalis Yang Telah Mengharumkan Nama Daerah Dan Negara Di Kancah Internasional Puan Yossi Okta, Manager Pertamina ur ii Sei Pakning, Manager BOB PT. BSP-Pertamina hulu, Pimpinan Perusahaan dan Pimpinan Bank Riau Kepri Capem Sungai Pakning, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas Di Lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Kepala Kantor kementerian Agama Kabupaten Bengkalis, Lembaga Adat Melayu Riau Kabupaten Bengkalis, Ketua MUI, Ketua Baznas, Ketua DDII, Ketua FKUB, Ketua Ormas Dan OKP Kabupaten Bengkalis, Camat Siak Kecil, Camat Bukit Batu Dan Camat Bandar Laksamana, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Siak Kecil (Kapolsek Dan Danramil), Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Wanita, Tokoh Pemuda, Alim Ulama, Cerdik Pandai.

 

 


[Ikuti Terus DPRD Bengkalis Melalui Sosial Media]







DPRD Bengkalis
di Google+



DPRD Bengkalis
di Instagram

Berita Lainnya

Tulis Komentar